Jumat, 04 Desember 2015

Menikmati Segarnya Es Goyobod di Bandung

Menikmati indahnya Kota Bandung pasti membuat Anda lelah dan merasa haus. Di tengah panasnya terik matarahi tidak sedikit wisatawan memilih untuk beristirahat sejenak sambil menikmati berbagai menu kuliner khas Bandung. Jika Anda mencari sebuah minuman yang menyegarkan tenggorokan cobalah untuk menikmati es goyobod.
Menikmati Segarnya Es Goyobod di Bandung

Mungkin bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Bandung masih belum mengerti tentang minuman ini. Es goyobod ini merupakan minuman tradisional asli Kota Garut, dan dijamin rasanya membuat Anda ketagihan. Es ini dibuat dengan bahan dasar santan dan hampir mirip dengan es campur. Bahan-bahan untuk membuat es goyobod ini terdiri dari es serut yang dicampur dengan jeli terbuat dari tepung hunkwe, ditambah susu, alpukat, dan kelapa serut. Terkadang untuk menambah selera rasa diberi tambahan kolang kaling, mutiara, dan potongan roti tawar.

Ternyata dalam penyajian hungkwe sangat bervariasi, ada yang dibentuk dalam bentuk jeli dan dibentuk dadu kemudian diberi pewarna makanan tertentu sehingga terlihat lebih menarik. Jeli hunkwe menjadi satu bahan dalam es goyobod yang membuat tampilannya terlihat gurih dan kenyal. Untuk mendapatkan es goyobod ini tidaklah sulit, banyak penjual kaki lima menjajakan menu kuliner ini. Biasanya jajanan ini diburu pada saat bulan puasa.

Ternyata es goyobod ini memiliki sejarah dimana arti dari kata goyobod sendiri adalah basah kuyup atau lengket, tetapi ada juga yang mengatakan dari Bahasa Belanda yang berarti basah. Kuliner khas Jawa Barat ini sudah ada sejak tahun 1943 dan diciptakan seseorang bernama Aca. Tetapi ada dari sumber lain menyebutkan es goyobod ini diperkenalkan oleh Junaedi yang seorang pedagang Sunda merantau di Jakarta pada tahun 1930 an. Memang tidak ada yang tahu siapa yang pasti memperkenalkan es goyobod ini, yang jelas rasa dari kuliner ini tidak diragukan lagi kelezatannya.
Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Kunjungi Kota Bandung dan cari keunikan dari menu kulinernya.

Harga : Rp 5.000
Alamat : Kota Bandung
Peta Lokasi : View Larger Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar